Monday 22 August 2016

Jaringan Komputer Fundamental

1 comment
Assalamu'alaikum Wr. Wb. dan salam sejahtera kawan..
Kali ini saya akan share mengenai pengenalan dasar jaringan komputer beserta jenis-jenisnya..


Definisi Jaringan

      Jaringan adalah sekumpulan dari perangkat dan node (host) yang saling terhubung antar satu sama lain dan bisa saling berkomunikasi. Komponen penyusunnya mulai dari client, server, hub, switch, router, dan media yang digunakan untuk mengoneksikan perangkat-perangkat tersebut.
         Secara sederhana jaringan dapat diartikan sebagai suatu metode yang digunakan untuk menghubungkan antar satu sama lain secara bersamaan dengan suatu tujuan tertentu. Dalam penerapannya, jaringan dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti bertukar informasi, bertukar data, melakukan pembicaraan lewat jaringan, pertelevisian, dan lain-lain.

Tujuan Pembuatan Jaringan

  • Bertukar informasi antar satu sama lain dalam jaringan yang tersedia.
  • Mencari informasi yang dibutuhkan dalam satu jaringan.
  • Membagikan atau bertukar data antar satu sama lain dalam satu jaringan.
  • Melakukan pencadangan data jika terjadi suatu bencana pada suatu tempat.

Pembagian Jaringan

Berdasarkan Geografisnya

1. Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network sering disingkat menjadi PAN , adalah jaringan komputer berdasarkan jangkauan (rentang) geografis yang digunakan untuk komunikasi dengan peralatan komputer lainnya (contohnya printer, modem, handpone, PDA, Bluetooth dll).


2. Local Area Network (LAN)

Local Area Network , merupakan jaringan komputer milik pribadi yang menckup area dalam satu ruangan, sebuah gedung atau kampus. Jangkauan dari jaringan komputer Local Area Network(LAN) berkisar 10 Km dan media transmisi pada jaringan komputer ini berupa kabel. Namun ada juga yang tidak menggunakan kabel dan disebut dengan wireless LAN (LAN tanpa kabel). LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk memakai bersama suberdaya (resource, missal printer) dan saling bertukar data.


3. Metropolitan Area Network (MAN)

Pada dasarnya teknologi yang digunakan di jaringan komputer Metropolitan Area Network (MAN) hampir sama dengan Local Area Network (LAN). Perbedaannya adalah luas jangkauan yang dimiliki oleh Metropolitan Area Network lebih besar dari pada Local Area Network, jangkauan metropolitan area network berkisar 10-45 Km. Biasanya metropolitan area network digunakan untuk menghubungkan kantor,kampus atau bank yang terletak dalam satu kota dan berbeda lokasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan swasta atau umum. Jaringan ini umumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau gelombang radio. Namun ada juga yang menggunakan jalur sewa (leased line).


4. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network , jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara bahkan benua.WAN terdiri dari mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.Misalnya jaringan yang menghubungkan ATM.



5. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yng berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan inilah yang mengakibatkan timbulnya jaringan yang kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk menggunakan jaringan ini diperlukan mesin yang disebut gateway. Gateway digunakan untuk melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan yang terkoneksi inilah yang disebut dg internet.

Berdasarkan Topologi Jaringannya

1. Topologi Mesh
Topologi jala atau topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).
2. Topologi Star
Topologi star atau topologi bintang adalah bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi star termasuk topologi jaringan dengan biaya murah.
3. Topologi Bus
Topologi bus merupakan topologi yang banyak digunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
4. Topologi Ring
Topologi cincin atau topologi ring adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. 
5. Topologi Tree
Topologi pohon atau topologi tree adalah kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung.
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer. 
6. Topologi Hybrid
Menggabungkan beberapa topologi. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator). Penyambung yang digunakan berjenis BNC (British Naval Connector: Penyambung Bahari Britania), sebenarnya BNC adalah nama penyambung bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Sepaksi Thinnet). Pemasangan dari topologi bus beruntut ini sangat sederhana dan murah tetapi sebanyaknya hanya dapat terdiri dari 5-7 komputer. 

Berdasarkan Cara Kerjanya :
1.  Jaringan Client-Server

Jaringan Client-Server adalah jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer server dengan komputer client secara langsung. Atau dengan kata lain komputer client tersebut langsung terhubung/terkoneksi dengan server tanpa ada proses Routing. 

2.  Jaringan Peer to Peer

Jaringan peer to peer adalah jaringan yang menghubungkan perangkat sejenis seperti komputer ke komputer secara langsung tanpa ada media lain seperti Router, Switch, hub ataupun yang lainnya. Transmisi jaringan ini biasanya menggunakan kabel UTP crossover atau menggunakan wireless. Contohnya jaringan Ad Hoc yang dikoneksikan dengan wireless.


Sekian kawan postingan saya kali ini semoga bermanfaat. 
Wassalamu'alaikum Wr. Wb. dan sampai jumpa..
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

1 comment: