Monday 22 August 2016

Sertifikasi Cisco Fundamental

Leave a Comment
Assalamu'alaikum Wr. Wb. dan salam sejahtera kawan..
Dikarenakan minggu ini saya mengikuti Pelatihan untuk CCNA dari Nixtrain - Bandung maka kali ini saya ingin membagi pengalaman saya ketika mengikutinya. Untuk yang pertama langsung saja saya masuk ke pembahasan dasar dari Sertifikasi Cisco..

Jenis Sertifikasi dan Pengertiannya

Untuk Cisco sendiri menawarkan lima tingkatan sertifikasi jaringan, yakni Entry, Associate, Professional, Expert, dan Architect yang mana merupakan tingkatan tertinggi dalam Program Sertifikasi Cisco yang sudah terakreditasi. Berikut penjelasannya..

Entry

Baik sertifikasi CCENT dan CCT berfungsi sebagai awal mulai untuk seseorang yang tertarik memulai karir sebagai seorang profesional jaringan.

Sertifikasi Entry

Associate

Sertifikasi Cisco Tingkat Associate dapat mulai secara langsung pada CCNA untuk instalasi jaringan, pengeoperasian dan troubleshooting atau CCDA untuk desain jaringan. Tingkat Associate biasanya digunakana sebagai dasar sertifikasi jaringan pada Cisco.

Sertifikasi Associate



Professional

Tingkat professional adalah tingkat lanjutan dari sertifikasi yang membutuhkan lebih banyak keahlian dan keterampilan jaringan. Masing-masing sertifikasi mencakup keahlian yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan berbagai peran pekerjaan.

Professional Sertifikasi

Expert 

Sertifikasi Cisco Certified Internetwork ahli (CCIE)  di seluruh dunia dianggap sebagai sertifikasi jaringan paling bergengsi di industri.

Sertifikasi Expert 

Architect 

Cisco Certified Architect adalah tingkat tertinggi akreditasi yang dapat dicapai dan diakui keahlian desainer arsitektur jaringan yang dapat mendukung jaringan hingga organisasi global semakin kompleks dan efektif dalam mengaplikasikan strategi bisnis ke evolusi strategi teknis.

Architect Certification

Track Sertifikasi


Untuk entry memiliki 5 jalur awal, lalu CCNA memiliki 9 jalur, Professional memiliki 8 jalur, setelah iut Expert memiliki 7 jalur, terakhir Architect cuma memiliki  satu jalur yakni Design, karena memang Sertifikasinya ditujukan untuk sertifikasi desain jaringan.

Biaya Sertifikasi

Untuk biayanya sendiri berkisar dari Rp 2.500.000,00 - 4.500.000,00 

Ujian Sertifikasi

  1. CCNA
    1. Dengan dua kali ujian
    2. Dengan satu kali ujian
  2. CCNP
    1. Dengan tiga kali ujian
  3. CCIE
    1. Dengan dua kali ujian
      Yakni ujian tulis pertanyaan dengan pilihan jawaban 2 jam, lalu ujian praktikum konfigurasi dan troubleshooting dengan waktu 8 jam.

Penghasilan 


Untuk materi ini sekian postingan dari saya, tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada instruktur dari Nixtrain yang sudah memberikan pelatihan secara cuma-cuma kepada kami di BLC Telkom KPLI - Klaten , Jawa Tengah.
Sekian Wassalamu'alaikum Wr. Wb. dan sampai nanti di lain postingan..

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment