Monday 18 July 2016

Simulasi Setting Remote Acces Router melalui CLI pada Cisco Packet Tracer

Leave a Comment

Pengertian

Remote Access merupakan suatu kegiatan pengoperasian atau pengendalian suatu perangkat yang dilakukan dengan menggunakan perangkat lain yang tersambung dengan perangkat yang akan diremote.

Latar Belakang

Kondisi Router yang kadang terletak pada tempat yang cukup sulit dijangkau membuat kita perlu menyediakan suatu fitur yang mana membuat Router tersebut dapat dijangkau dengan mudah tanpa harus menata ulang rancangan jaringan yang sudah kita buat.

Tujuan dan Manfaat

  1. Konfigurasi Router agar dapat diremote dengan mudah.
  2. Dapat melakukan remote pada laptop atau PC yang sudah tersambung dengan Router.

Tahap Pelaksanaan

1. Untuk pertama saya mengatur topologi seperti ini. Karena hanya untuk setting remote dan testing, mungkin hanya memerlukan Router dan PC atau laptop untuk meremote. 
2. Untuk pengaturannya, sebenarnya cukup simpel. Karena pada kondisi default, Router cisco sudah memiliki Service yang memungkinkan kita untuk meremote menggunakan telnet yang mana telnet itu menggunakan security dari vty router. Yang kita perlukan hanyalah mengatur security vty tersebut untuk pengaksesannya. Yang mana hal tersebut sudah saya praktekkan pada postingan sebelumnya yakni pada Konfigurasi dasar Router Cisco pada bagian screenshot seperti di bawah ini.
Pada mode privillege kita harus mengaktifkan password dengan syntax:
Router1(config)#enable secret luckhy007
Dan pengaturan pada vty, yakni :
Router1(config)#line vty 0 4
Router1(config-line)#password luckhy
Router1(config-line)#exec-timeout 5 0
Router1(config-line)#login
3. Sebelum  meremote pastikan dulu pengaturan ip sudah sesuai dan perangkat untuk meremote (laptop atau PC) sudah tersambung dengan Router yang ingin diremote dengan perintah ping.
Selanjutnya kita dapat meremote dengan menggunakan fitur telnet dari CMD. Langsung saja gunakan syntax telnet diikuti dengan ip address Router yang ingin diremote.
Jika kita sudah benar dalam pengaturan dan memasukkan passwordnya, maka akan masuk ke mode remote Router seperti saat kita masuk melalui terminal tadi. seperti ini.

Hasil dan Kesimpulan

Dengan ini Router dapat diremote dengan melalui telnet meskipun koneksinya belum terenkripsi, namun masih ada sedikit pengamanan melalui secret dan password dari Router.

Referensi

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment