Tuesday 26 July 2016

Simulasi Konfigurasi InterVLAN Routing melalui CLI pada Cisco Packet Tracer

1 comment

I. Pengertian

Switch dalam penggunaan pada umumnya hanya untuk keperluan menyatukan perangkat atau host yang memiliki ip address dengan network yang sama. Namun untuk Switch Cisco sendiri memiliki beberapa fitur tambahan yang bisa digunakan untuk membuat jaringan lebih dari satu dalam satu Switch, sehingga untuk memecah jaringan besar menjadi beberapa jaringan tidak memerlukan banyak Switch. Cukup membuat wadah yang disebut VLAN lalu menyatukan VLAN tersebut antar satu Switch dengan Switch lainnya, protokol yang digunakan untuk menyatukan VLAN satu dengan VLAN lain yang berada pada Switch yang berbeda itulah yang disebut Trunking. Trunking berfungsi menyatukan antara VLAN yang sama dengan Switch yang berbeda layaknya berada dalam satu Switch yang sama. Jadi apabila ada jaringan yang sama namun tempat yang tidak mendukung untuk peletakan perangkat, dapat menggunakan salah satu fitur dari Switch tersebut. Meski begitu tetap saja antara dua jaringan yang berbeda, masih tidak bisa saling berhubungan. Untuk memungkinkan hubungan, kita harus menggunakan Routing Protocol dengan bantuan perangkat Router yang di Trunking dengan Switch.

II. Tujuan dan Manfaat

1.        Mampu konfigurasi InterVLAN Routing pada Switch.
2.   Mampu mengaplikasikan InterVLAN Routing pada Jaringan sehingga antara dua jaringan yang berbeda VLAN dapat 

III. Alat dan Bahan

1.         Dalam Virtual
    a.  Switch.
    b.  laptop atau PC.
2.     Fisik
    a.  Laptop yang sudah diinstall Cisco Packet Tracer.

IV. Standar Operasional Prosedur

1. Berdo’a sebelum melakukan pekerjaan.
2. Memakai pakaian kerja.
3. Melakukan pekerjaan sesuai rencana.
4. Tidak mengubah fokus ketika sedang bekerja.
5. Melakukan pekerjaan hingga selesai.
6. Berdo’a selesai melakukan pekerjaan.

V. Tahap Pelaksanaan

1. Topologi Jaringan


2. Langkah Kerja

1. Pertama-tama kita masuk ke pengaturan interface dari switch yang disambungkan ke router lalu ubah pengaturannya port menjadi trunk dengan memasukkan syntax switchport mode trunk.  

2. Kemudian masuk pengaturan pada Router yang akan digunakan untuk merouting jaringan pada VLAN-VLAN tadi. Syntax-syntaxnya seperti gambar di bawah ini.  
Keterangan (untuk pengaturan dasar tidak saya beri keterangan, jika belum tahu bisa lihat-lihat dipostingan saya sebelumnya):
int fa 0/0.10                                          
encapsulation dot1q 10                        memakai jenis enkapsulasi 802.1q untuk sub interface fa0/0.10 dengan VLAN 10
ip add 192.168.1.254 255.255.255.0
int fa 0/0.20
encapsulation dot1q 20                       memakai jenis enkapsulasi 802.1q untuk sub interface fa0/0.10 dengan VLAN 10
ip add 192.168.0.254 255.255.255.0
3. Karena tadi kita sudah mengatur ip dari interface virtual pada Router yang akan digunakan sebagai gateway , sekarang kita tinggal memasukkan pengaturan gateway tadi pada Client-client yang tersedia sesuai jaringan masing-masing. Untuk yang di bawah ini merupakan pengaturan pada Client jaringan 192.168.0.0 (staff).

 Untuk yang ini merupakan pengaturan gateway client pada jaringan 192.168.1.0 (karyawan).



3. Pengujian

 1. Lalu untuk tahap selanjutnya adalah mencoba tes menggunakan perintah ping pada masing-masing client ke jaringan lain. Hasilnya seperti di bawah ini. Ini ping dari PC1 ke laptop3.
 2.  Lalu untuk yang ini dari PC2 ke laptop6.

VI. Hasil dan Kesimpulan

Dengan ini selesai konfigurasi VLAN Trunking, sehingga kita bisa menyatukan beberapa VLAN dalam beberapa subnet yang berada pada Switch yang berbeda. Sehingga bisa membentuk jaringan logic yang tak kasat mata namun saling menyatu selama berada dalam satu subnet. Namun untuk hal ini belum dapat berkomunikasi dengan VLAN yang subnetnya berbeda, maka dari itu kita memerlukan InterVLAN Routing yang akan saya posting setelah ini.

VII. Referensi

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

1 comment:

  1. lumayan rumit sih bagi kami pemula, tapi ilmunya sangat berguna supaya lebih mengenal lebih jauh tentang inter vlan ini
    My blog

    ReplyDelete