Monday 1 August 2016

Simulasi Konfigurasi DHCP Switch pada Cisco Packet Tracer

Leave a Comment

I. Pengertian

DHCP (Dynamic Host Configuration Protoocol) adalah Network Protokol yang distandarisasi pada Internet Protokol yang berfungsi untuk mendistribusikan konfigurasi jaringan seperti ip address, DNS server address, gateway address dan sebagainya. Dengan menggunakan DHCP, komputer Client merequest IP address dan parameter jaringan lainnya secara otomatis dari DHCP Server. Yang kemudian pada akhirnya mengurangi kerja dari Network Administrator.

II. Tujuan dan Manfaat

1. Konfigurasi Switch sebagai Server DHCP.
2. Menerapkan konfigurasi DHCP Server pada Jaringan.

III. Latar Belakang

Seiring dengan berkembangnya internet yang meningkatkan jumlah jaringan di dunia ini, mengakibatkan munculnya perangkat-perangkat jaringan yang membantu dalam proses pembuatan jaringan. Salah satunya juga Switch yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa host agar dapat menjadi satu. Meski begitu Switch sekarang ini memiliki fitur-fitur tambahan seperti VTP, Telnet, SSH dan juga DHCP Server.

IV. Alat dan Bahan

1. Dalam Virtual,
   a. Switch
   b. 5 set PC Client
2. Fisik
   a. PC atau laptop yang sudah terinstall Cisco Packet Tracer

V. Standar Operasional Prosedur

1. Berdo’a sebelum melakukan pekerjaan.
2. Memakai pakaian kerja.
3. Melakukan pekerjaan sesuai rencana.
4. Tidak mengubah fokus ketika sedang bekerja.
5. Melakukan pekerjaan hingga selesai.
6. Berdo’a selesai melakukan pekerjaan.

VI. Tahap Pelaksanaan

1. Topologi Jaringan


2. Langkah Kerja

1. Pertama-tama kita langsung masuk ke pengaturan Switch, kalau menyesuaikan dengan topologi saya di atas menggunakan Switch1. Kalau untuk Switch sedikit berbeda dari Router yang mana sudah memiliki interface yang memiliki ip. Namun untuk Switch kita perlu masuk ke pengaturan interface VLAN, untuk id VLAN nya menyesuaikan pengaturan yang dipakai. Karena saya masih menggunakan pengaturan vlan default, maka yang diseting merupakan vlan dengan id 1. Lalu baru menseting pengaturan DHCP pool dari Switch. Untuk jelasnya bisa lihat di bawah ini.

Keterangan :
enable
conf term
int vlan 1                                                       masuk ke dalam pengaturan interface vlan 1
ip address 192.168.1.254 255.255.255.0 mengatur ip interface terpilih menjadi 192.168.1.254                                                                               dengan netmask 255.255.255.0
no shutdown
ex
ip dhcp pool DHCP1                                    membuat pengaturan DHCP pool dengan nama DHCP1                                                                           lalu masuk ke dalam pengaturan lanjutnya.
network 192.168.1.0 255.255.255.0               mengatur network pengaturan DHCP yang sedang                                                                                   dikonfigurasi menjadi 192.168.1.0 dengan netmask                                                                                 255.255.255.0
default-router 192.168.1.254                        mengatur gateway dari DHCP yang sedang                                                                                              dikonfigurasi menjadii 192.168.1.254
ex
2. Setelah itu menyesuaikan pengaturan pada Client agar mendapatkan ip secara otomatis DHCP dari server.

3. Pengujian

1. Untuk pengujiannya kita bisa langsung ping dari Router menuju ip yang sudah didapat oleh Client. Jika pengaturan sudah benar maka seharusnya ping tersebut memiliki nilai meskipun tidak 100 persen.

2. Kita juga bisa menguji dengan melakukan ping dari Client menuju Server lalu melakukan ping menuju Client lain juga.



VII. Hasil dan Kesimpulan

Dengan ini konfigurasi Switch sebagai DHCP server sudah berhasil. Dalam konfigurasinya Switch dan Router hampir sama, hanya saja jika pada Switch kita perlu mengatur ip tambahan pada VLAN agar bisa dijadikan DHCP Server dan gateway.

VIII. Referensi

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Dynamic_Host_Configuration_Protocol
  2. buku ccna lab guide nixtrain_1st edition_full version by Agus Setiawan
  3. buku Best Networking Cisco by Untung Wahyudi
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment